Sebenarnya apa sih virtual reality yang sekarang ada di dunia ini. Apakah pengertiannya dan untuk apa Virtul Reality ada di dalam teknologi game saat ini.
Pertama-tama akan dijelaskan pengertian Virtual Reality ini, Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya adalah teknologi yang dibuat sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.
Secara sederhana, Virtual Reality adalah pemunculan gambar-gambar tiga dimensi yang di bangkitkan komputer, yang terlihat nyata dengan bantuan sejumlah peralatan tertentu. Ciri terpentingnya adalah dengan menggunakan perangkat yang dirancang untuk tujuan tertentu, teknologi ini mampu menjadikan orang yang merasakan dunia maya tersebut terkecoh dan yakin bahwa yang dialaminya adalah nyata.
Tapi, menurut yang saya baca dari beberapa blog atau artikel yang ada. Menurut saya VR(Virtual Reality) pada teknologi game ini seperti memayakan dunia nyata dan membuatnya di dalam bentuk 3 Dimensi serta dibuat seolah-olah dalam game itu kita seperti melakukan aktivitas yang ada seperti di dunia nyata.
Apa saja game-game yang menggunakan VR ini, bisa kita lihat di dalam game SIMS, Idol Street(Online), Audition, dll. Di mana pemain melakukan aksi seperti melakukan kehidupan di dunia nyata sehari-hari. seperti berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang sekitar walau hanya dalam bentuk 3 Dimensi.


Ada saat dimana keadaan untuk mengetahui informasi, seperti pada saat kecelakaan pesawat sukhoi belum lama ini mereka menggunakan simulator pesawat bagaimana saat terjadi kecelakaan dan mempraktekkannya untuk memeriksa kebenaran.


Sebenarnya selain sebagai pemberitahuan informasi, Virtual Reality juga bisa digunakan untuk pembelajaran jika disesuaikan dengan kebutuhan, sebagai contoh, jika orang ingin belajar mengendarai pesawat terbang untuk pelatihan pilot atau juga jika orang ingin belajar mengendarai mobil, ini digunakan sebagai pelatihan dan pembelajaran.
Dibawah ini contoh VR menurut saya:
Refferensi:
http://aplikasiergonomi.wordpress.com/2011/12/27/virtual-reality-and-augmented-reality-the-future-of-technology/
http://sabrinafrista.blogspot.com/2011/11/apakah-ar-dan-vr-itu.html
http://niiasaba.wordpress.com/2010/06/10/virtual-reality/
http://fitriansyah76.wordpress.com/2008/12/03/virtual-reality/

0 komentar:

Posting Komentar

Navigation

Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Pengikut