Jika pada Postingan sebelumnya saya membahas Virtual Reality, maka pada penulisan kali ini saya akan menuliskan mengenai Aughmented Reality(AR).
Augmented Reality merupakan suatu bentuk teknologi unik, dimana teknologi ini kebalikan dari Virtual Reality. Jika virtual reality “memayakan yang nyata, maka Augmented Reality memiliki arti Menyatakan yang Maya”.
Secara harfiah Augmented Reality memiliki arti penggabungan antara dunia virtual dan nyata yang berinteraksi dalam 3D secara realtime yang menggunakan internet.Untuk menggunakan teknologi AR ini tidak hanya membutuhkan sebuah komputer dengan graphic card saja, namun Webcam atau sejenisnya mutlak dibutuhkan.
Contoh Penggunaan AR, seperti jaman dahulu orang yang mengkhayalkan bagaimana seseorang dengan tanpa peralatan dapat mengkases semua hal yang diinginkan dan dibutuhkan seperti pada film Dragon balls, 

atau pada iron man yang sekarang ada dan dikembangkan teknologinya tersebut menyerupai seperti yang dikhayalkan dahulu.

BAGAIMANA APLIKASINYA DI DUNIA NYATA ???
Ingatkah kalian saat menonton film IRON MAN, terdapat bagian tampilan di belakang helm Iron Man yang menunjukkan simulasi  yang terhubung dengan internet langsung dimana terdapat HUD baik itu untuk menandai musuh, maupun informasi mengenai energi yg tersedia. Nah, Teknologi itu sudah diterapakan dinegara-negara maju pada bidang militer. Dimana pada helm tentara yang dilengkapi dengan sebuah layar  transparan yang dilengkapi dengan module AR untuk mendeteksi pergerakan lawan di jarak jauh baik itu musuh prajurit lainnya, maupun pesawat terbang sekalipun. Teknologi ini dinamakan Advanced Pattern Rcognizing, yang merupakan implementasi dari teknologi Augmented Reality.

Saat ini banyak perkembangan-perkembangan yang sangat menarik dan diimplementasikan dari beberapa dunia yang kita khayalkan dan bisa merealisasikannya, saya berharap dalam perkembangan berikutnya bisa mencapai apa yang diingin seluruh umat di dunia. seperti layaknya hal yang dibuat dalam film IRON MAN ini.

refferensi:
http://aplikasiergonomi.wordpress.com/2011/12/27/virtual-reality-and-augmented-reality-the-future-of-technology/

0 komentar:

Posting Komentar

Navigation

Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Pengikut