Pertama-tama di sini saya akan menjelaskan kenapa saya membuat model ini. Penyebabnya adalah agar dapat mencoba blender (dalam pengartiannya bukan buat bikin minuman-minuman) software yang saya gunakan untuk perkuliahan ini dan ini menyangkut nilai untuk tugas tersebut. Oke, untuk saat ini model yang saya gunakan adalah bagaimana membuat model pisang. Pasti pada bertanya "kenapa mesti pisang sich???". Penjelasan gampangnya adalah pisang adalah yang paling mudah dibuat dan disini saya hanya akan mengedit-edit ini pisang menjadi pisang dalam bentuk animasi yang lebih artistik. hehehehehehe(Lebay).

Okok, untuk tahap selanjutnya gw akan menjelaskan fitur-fitur apa aja sich yang ada pada blender. Pada menunya terdapat :

  1. File yang terdapat sub-menu new, open, save, close, setting
  2. Add untuk menambahkan objek lain, (lighting, kamera dan objek 3D).
  3. Timeline mengatur jalannya waktu animasi.
  4. Game memasukan scripting program game.
  5. Render melihat tampilan yang kita buat.
  6. Help panduan dari software blender tentang cara pembuatannya.dan lain – lain.

Untuk Buttonnya terdapat Translate Manipulator (Ctrl-Alt-G) untuk menagkap objek, Rotate Manipulator (Ctrl-Alt-R) sebagai rotasi, Scale (Ctrl-Alt-S) untuk pembesaran objek,Transform Orientation untuk perpindahan objek, Rotating / Scalling Pivot.

Selanjutnya adalah View Port. Pada View Port, kita dapat melihat objek seperti Cube, Ligthingdan Camera. Dengan View Port kita dapat mengatur tata letak kamera dan pengaturan cahaya. Kemudian teknik-teknik pada blender :

  1. Modeling (pembuatan model)
  2. UV Mapping (memindahkan objek berdasarkan vertexnya)
  3. Texturing (pembuatan textur pada objek)
  4. Rigging (pembuatan tulang/ bones pada objek)
  5. Skinning (pemberian skin pada objek0)
  6. Animasi (pembuatan animasi) Particle (pembuatan particle pada objek)

Dan untuk simulasi terdapat:

1. Scripting

2. Rendering

3. Compositing

4. Postproduction

5. GameCreation

Ok untuk langkah selanjutnya yang akan kita butuhkan adalah gambar pisang. Seperti inilah Pisang

Selanjutnya buka aplikasi blender. Pada tampilan awal blender secara default sudah terbentuk gambar kubus. Maka terlebih dahulu kita hapusnya. Caranya klik kanan kubus kemudian tekan x. Lalu klik OK. Apabila kita sudah menghapus kubus tersebut selanjutnya pilih menu View kemudian klik background image. Kemudian akan muncul kotak dialog background image. Klik Usebackground image dan pilih gambar yang akan kita pergunakan. Kemudian tekan ok.

Tekan angka 3 pada numpad (untuk melihat tampilan dari sisi samping) kemudian tekan space plih Add > Mesh > Cylinder masukan Vertices 6 kemudian tekan OK . Tekan angka 1 pada numpad (untuk melihat tampilan dari sisi depan) kemudian lakukan penskalaan maksudnya kita lakukan pembesaran sesuai dengan panjang pisang. Tekan S untuk melakukan penskalaan. Kita dapat melakukan penskalaan terhadap sumbu x dengan menekan X.Maka akan terlihat seperti ini :

Pertama pastikan kita dalam keadaan mode edit. Kita akan memulai dari tengah kemudian perlahan-lahan masing-masing dipotong dengan tepi silinder. Setiap potong harus di scale (tekan S) dan grabbed (tekan G) . Kemudian lakukan Loop subdivide tekan (CTRL – R)untuk menyesuaikan potongan silinder pisang tersebut. kita akan melihat bahwa garis merah mudaakan muncul. Jika kita menggerakkan mouse ke kiri dan kanan kita mampu bergerak memotong.Tetapi untuk sekarang kita ingin di tengah. Klik tombol kiri mouse. tekan tombol Z.

Langkah selanjutnya adalah lakukan terus berulang – ulang loop subdivide, grab, scale sampaisetiap bagian cocok sesuai gambar pisang pada latar belakang. Mudah kok. Hanya butuh waktukurang dari 15 menit. Hanya butuh modal kesabaran saja untuk melakukannya.

Ok sudah sampai tahap ini, sekarang kitamelakukan texturing. Tekan tab untuk keluar dari mode edit. dan tekan F6 untuk perubahan keTekstur Buttons. Klik Add New di Tab Tekstur dan pilih gambar dalam daftar drop-down.Selanjutnya Klik pada Gambar. Load pisang kita dalam blender.

Kemudian tekan F5. Pada Map Input panel kitamengontrol bagaimana gambar diproyeksikan pada pisang. Pilih flat dan pastikan bahwa tombol X, Y, Z screenshot diaktifkan. Kita juga dapat bemain – main dengan Panel Shaders yang memungkinkan kita untuk mengontrol menyoroti,spekulasi dan banyak lagi yang dapat kita lakukan. Teman – teman dapat berkreasi sendiri disana.

Kita sudah melakukan texturing selanjutnya adalah pengaturan cahaya. Kita dapat mengatur arah datangnya cahaya atau menambahkan cahaya dengan menekan space > Add > Lamp > Area. Dan mengatur posisi kamera. Kemudian lakukan seting pada Lamp buttons panel.

Sekarang kita bisa membuat model kita sedikit lebih halus. Masuk ke mode edit tekan Tab.Kemudian tekan F9 untuk beralih ke Editing. Pada Link and Materials aktifkan Set smooth.

Selanjutnya lakukan rendering pada obyek (F12). Maka akan terlihat seperti ini :

Bandingkan dengan pisang di awal, akan sangat lebih animasikan. hehehehe... terima kasih teman-teman yang melihat blog ini. Sekian dari saya.

0 komentar:

Posting Komentar

Navigation

Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Pengikut